Senin, 08 November 2010

makalah softdrink

Makalah
Softdrink (sprite, coca-cola, Fanta)





Oleh
Kelompok 15:

Wynarjo wibowo
Zaenal
Suriyani m



Akademi keperawatan bulukumba
2010-2011
KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya makalah yang berjudul "softdrink (sprite, coca-cola, fanta)" ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini disusun sebagai tugas untuk mata kuliah Ilmu Gizi.
Keberhasilan penulis dalam penulisan makalah ini tentunya tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak kekurangan yang masih perlu diperbaiki, untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan makalah ini, sehingga dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Bulukumba, 2 november 2010


       Penulis










DAFTAR ISI

Kata pengantar                                                                                                            ii
Daftar isi                                                                                                                     iii
BAB I Pendahuluan                                                                                                   1
A.    Latar belakang                                                                                                            1
B.     Rumusan masalah                                                                                           2
BAB II  Tinjauan Pustaka                                                                                          3
a.       Kandungan sprite                                                                                                3
b.      Kandungan coca-cola                                                                                          3
c.       Kandungan Fanta                                                                                                4
1.      Manfaat softdrink                                                                                           4
2.      Kerugian softdrink                                                                                          4
3.      Efek-efek softdrink                                                                                        5
BAB III Penutup                                                                                                        7
A.    Kesimpulan                                                                                                     7
B.     Saran                                                                                                               7
Daftra pustaka                                                                                                                        8





BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Minuman ringan berkarbonasi atau di Indonesia dikenal dengan nama softdrink sejak seabad yang lalu telah menjadi minuman ringan paling populer di Amerika Serikat mengungguli minuman lainnya seperti kopi, teh dan jus. Demikian juga di Indonesia, popularitas minuman yang notabene “made in America” ini terus meningkat. Di setiap restoran, depot, warung bahkan pedagang kaki lima selalu menyediakan minuman berkarbonasi ini. Banyak merek telah kita kenal salah satunya karena promosinya yang gencar di media massa seperti Coca-Cola, Fanta, Sprite, Pepsi, 7-up dan sebagainya. Mengungguli minuman teh dalam botol, kopi, atau minuman-minuman tradisional kita seperti wedang ronde, bajigur, es cao dan sebagainya.
Minuman ini banyak disukai karena rasanya yang nikmat, siap saji dan sangat memenuhi selera bagi mereka yang sedang dahaga, terutama setelah berolahraga dan bekerja berat. Suatu hal yang wajar jika minuman ini disukai karena iklim kita yang tropis lembab dengan suhu udara yang cukup tinggi, sama dengan iklim tempat pertama kali ditemukannya racikan softdrink ini di Amerika Serikat bagian selatan yang beriklim tropis, yaitu negara bagian Georgia dan South Carolina. Orang membutuhkan banyak cairan karena cuaca panas menghilangkan dengan cepat cairan tubuh.
Di lain pihak makin banyak penyakit yang diderita masyarakat yang secara langsung maupun tidak menuding konsumsi softdrink sebagai penyebabnya, seperti obesitas (kelebihan berat badan) terutama pada anak-anak, kerusakan / karies gigi dan bahkan diabetes. Untuk itu pengetahuan tentang apa itu softdrink sangat penting artinya, terutama bagi orangtua yang suka memanjakan anak-anaknya dengan membelikan softdrink sebagai minuman sehari-hari.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.    Apa saja yang terkandung dalam softdrink (sprite, coca-cola, Fanta)
2.    Apa saja manfaat, kerugian, dan efek-efek softdrink

C.    TUJUAN
Adapun tujuan dibuatnya penulisan ini yaitu:
1.      Untuk mengetahui kandungan dalam softdrink
2.      Untuk mengetahui manfaat,  kerugian, dan efek-efek softdrink














BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.     Berikut adalah kandungan bahan-bahan kimia dalam sprite:
1.      Air terkarbonasi
2.      Asam fosfat
3.      Kalium sitrat
4.      Kalium benzoate (rasa pelindung)
5.      Asam sitrat
6.      Aspartame
7.      Acesulfame kalium
8.      Fructose com syrup
9.      Warna caramel

B.     Berikut adalah kandungan bahan-bahan kimia dalam coca-cola:
1.       Air terkarbonasi
2.       Zat pewarna (Karamel dan atau sulfit amonia karamel)
3.       Kafein
4.      Asam fosfat
5.      Kalium benzoate
6.      Kalium sitrat
7.      Natrium benzoate
8.      Natrium sitrat
9.      Natrium siklamat
10.  perasa


C.    Berikut adalah kandungan bahan-bahan kimia dalam  Fanta:
1.      Magnesium Karbonat
2.       Pencita Rasa Sitrus
3.      Zat pewarna
4.      Kalium Benzoat
5.      Calsium Benzoat
6.      Natrium Benzoat
7.       Belerang Dioksida
Zat asam pada setiap softdrink (sprite, coca-cola, Fanta) itu rata2 sama.
Dimana PH-nya : 3.4

D.    Macam-macam manfaat Softdrink  (sprite, coca-cola, Fanta)
1.      Untuk membersihkan toilet
2.      Untuk membersihkan karburator mobil
3.      Untuk menghilangkan titik-titik karat dari bumper /chrome mobil
4.      Untuk membersihkan korosi dari terminal aki mobil
5.      Untuk melonggarkan baut yang berkarat
6.      Untuk menghilangkan noda-noda lemak pada pakaian :

E.     Macam-macam kerugian softdrink
Untuk Perhatian Kita PH rata-rata dari soft drink,Coca-Cola, sprite, dan Fanta  adalah 3.4.Tingkat keasaman ini cukup kuat untuk melarutkan gigi dan tulang. Tubuh kita berhenti menumbuhkan tulang pada usia sekitar30th. Setelah itu tulang akan larut setiap tahun melalui urine tergantung dari tingkat keasaman makanan yang masuk. Semua Calcium yg larut berkumpul di dalam arteri,urat nadi, kulit, urat daging dan organ,yang mempengaruhi fungsi ginjal dalam membantu pembentukan batu ginjal. Soft drinks tidak punya nilai gizi (dalam hal vitamin dan mineral). Mereka punya kandungan gula lebih tinggi, lebih asam, dan banyak zat aditif seperti pengawet dan pewarna.

F.     Efek-efek  softdrink
1.      Softdrink menguras air dalam tubuh. Seperti halnya diuretik yang bukannya memberikan air untuk tubuh kita, tapi malah menghabiskannya. Pemrosesan gula tingkat tinggi dalam softdrinks memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh kita. Untuk mengganti air ini, orang harus minum 8-12 gelas air untuk setiap gelas yang diminum.
2.      Softdrink tidak pernah meng-hilangkan rasa haus karena Softdrink bukanlah air yang diperlukan oleh tubuh. Dengan tetap tidak memasok air ke dalam tubuh kita terus - menerus akan menyebabkan dehidrasi seluler kronis, sebuah kondisi yang melemahkan tubuh pada tingkat serius. Pada gilirannya akan menyebabkan melemahnya sistem kekebalan dan menimbulkan berbagai penyakit.
3.      Tingkat kandungan fosfat yang tinggi dalam softdrinks dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Softdrink terbuat dari air murni yang juga dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Kekurangan mineral yang serius dapat menyebabkan penyakit jantung  (kekurangan magnesium), osteoporosis ( kekurangan kalsium ) dan banyak lagi. Sebagian besar vitamin tidak berfungsi di dalam tubuh tanpa adanya mineral.
4.      Softdrink dapat membersihkan karat pada bumper mobil atau benda benda logam lainnya. Bayangkan apa yang akan terjadi pada fungsi pencernaan dan organ tubuh lainnya.
5.      Jumlah gula yang tinggi dalam softdrinks menyebabkan pankreas memproduksi insulin dalam jumlah besar, yang mengakibatkan “benturan gula”, Kelebihan dan kekurangan gula dalam insulin dapat menyebabkan diabetes dan penyakit yang terkait dengan ketidakseimbangan dalam tubuh. Keadaan ini dapat mengganggu pertumbuhan anak sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan seumur hidup.
6.      Softdrinks sangat mempengaruhi pencernaan. Kafein dan jumlah gula yang tinggi dapat menghentikan proses pencernaan. Ini artinya metabolisme dalam tubuh bisa terhambat. Softdrink bila diminum bersamaan dengan kentang goreng akan membutuhkan waktu berminggu minggu untuk di cernakan.
7.      Softdrink mengandung aspartame, yang di hubungkan dengan depresi, insomnia, penyakit saraf dan banyak penyakit lainnya. Di Amerika, FDA telah menerima lebih dad 10400 keluhan konsumen terhadap aspartame.
8.      Softdrink: bersifat sangat asam, sehingga dapat menembus garis sambung pada kaleng alumunium dan dapat melumerkan kaleng tersebut bila disimpan terlalu lama. Pasien penderita alzheimer yang telah diotopsi semuanya memiliki kadar aluminium yang sangat tinggi dalam otaknya. Logam berat dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan syaraf dan penyakit lainnya.
9.      Softdrink bersifat sangat asam, tubuh manusia secara alamiah memiliki pH 7,0. Softdrink memiliki pH 2,5, artinya anda memasukkan sesuatu yang ratusan ribu kali lebih asam ke dalam tubuh anda. Penyakit berkembang dalam lingkungan asam. Softdrink akan mengendapkan limbah asam dalam tubuh yang menumpuk dalam sendi dan di sekitar organ tubuh. Contohnya, pH tubuh penderita kanker atau randang sendi selalu rendah. Semakin parah penyakit seseorang, semakin rendah pH tubuhnya.
10.  Jangan pernah berpikir untuk meneguk Softdrink saat anda terkena demam atau flu, Softdrink akan mempersulit tubuh melawan penyakit tersebut.


BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
1.      Softdrink adalah minuman yang dibuat dengan mengabsorpsikan karbondioksida kedalam air minum.
2.      Softdrink tidak hanya memiliki manfaat tapi juga memiliki kerugian dan efek-efek bagi kesehatan
3.      Softdrink tidak punya nilai gizi (dalam hal vitamin dan mineral). Mereka punya kandungan gula lebih tinggi, lebih asam, dan banyak zat aditif seperti pengawet dan pewarna.

B.     SARAN
Akan lebih baik jika kita meminum/mengomsumsi air putih dibandingkan dengan softdrink. Disamping itu air putih sangat alami dibandingkan dengan softdrink yang memiliki banyak kandungan.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.indomp3z.us/showthread.php?t=90744